Hoodie vs Sweater, Mana yang Jadi Pilihanmu?

Pria dikenal dengan gaya fashion yang simple namun tetap menarik. Kebanyakan pria memilih menggunakan kaos karena dapat memenuhi gaya fashion simple yang disukai, namun saat ini sudah banyak pria yang memilih pakaian lain selain kaos. Saat ini, hoodie dan sweater pria menjadi pakaian umum untuk digunakan sehari-hari.

Pemakaian hoodie maupun sweater dimulai dari Amerika dan Eropa, hingga akhirnya mempengaruhi penduduk di seluruh dunia. Tak heran jika banyak bermunculan inovasi hoodie dan sweater yang bisa dipadukan dengan pakaian lain tanpa menghilangkan fungsinya.


Jika dilihat berdasarkan fungsinya, hoodie dan sweater memiliki fungsi yang sama, yakni dapat digunakan sebagai pakaian hangat disaat musim dingin. Namun, tahukah kamu, hoodie dan sweater memiliki beberapa perbedaan?. Yuk lihat perbedaannya.

Perbedaan Hoodie dan Sweater

Hoodie sebenarnya adalah sweater yang memiliki tudung atau yang biasa kita kenal dengan penutup kepala yang masih merupakan bagian dari pakaian yang kita kenakan. Hoodie biasanya memiliki variasi yakni tali di bagian leher, fungsinya untuk mengencangkan bagian tudung agar bagian kepala bisa lebih hangat. Bahan pembuatan hoodie sebenarnya sama saja dengan kaos, tapi dibuat dengan bahan yang lebih tebal dengan tujuan menghangatkan badan.

Beberapa hoodie juga memiliki resleting sehingga kamu dapat memilih untuk memakainya terbuka. Desain umum lainnya dari hoodie adalah saku yang dinamakan saku kanguru di bagian depan, yang tidak dapat ditemukan pada sweater.

Selain bentuk dan bahannya, hoodie memiliki tujuan penggunaan yang berbeda dengan sweater. Pakaian ini digunakan untuk acara non-formal, digunakan pada acara-acara santai yang bisa dipadukan dengan sneakers, bahannya yang tebal cocok digunakan di saat musim dingin bahkan musim salju.

Berbeda dari hoodie, sweater tidak memiliki tudung. Bahan sweater juga dibuat lebih tipis dibandingkan hoodie. Sweater pria biasa digunakan dengan pakaian tambahan, seperti bagian dalam dilapisi dengan kemeja atau kaus. Berbeda dengan hoodie, sweater tidak memiliki tali atau variasi lainnya.

Pada awalnya, sweater sering digunakan untuk berolahraga yang dipadukan dengan celana jogging. Sifat bahan yang mudah menyerap keringat cocok dipakai untuk kegiatan olahraga. Sweater bisa juga dipadankan dengan pakaian lain sehingga bisa dijadikan pakaian formal, bisa juga digunakan pada acara santai. Saat ini sudah banyak yang menggunakan sweater sebagai outer pakaian kerja di kantor.

Bahan Hoodie dan Sweater

Digunakan saat musim dingin, hoodie dan sweater memiliki bahan yang tebal, yang biasanya terdiri dari katun, wol, dan material sintetis lainnya. Kain yang digunakan memiliki sifat umum yang sama. Bahan French Terry juga menjadi bahan utama pembuatan hoodie dan sweater. Pada dasarnya tidak ada perbedaan mendasar antara hoodie atau sweater.

Hoodie ataupun sweater cocok digunakan bagi kamu yang selalu ingin tampil simple. Koleksi pakaian dari UNIQLO bisa menjadi pilihan kamu karena hoodie dan sweater pria dari UNIQLO menyediakan pakaian dengan bahan terbaik dan warna yang beragam. Hoodie tersedia dalam tujuh warna pilihan (abu, natural, hitam, oranye, hijau, biru terang, dan navy) juga dengan ukuran beragam dari XS hingga XXL. Sweater pria dengan desain kasual namun modern juga tersedia dengan tujuh warna serta ukuran beragam.

Jadi, kamu mau pilih yang mana, hoodie atau sweater? Semua tergantung style dan kebutuhan kamu dalam mengenakan pakaian. Pastikan memilih pakaian yang berkualitas agar tahan digunakan lama ya.

Post a Comment

0 Comments